Home » » SENI BELA DIRI WUSHU DAN PENGERTIANNYA

SENI BELA DIRI WUSHU DAN PENGERTIANNYA

Written By irawan mena on Kamis, 26 Mei 2016 | 04.54.00










Pada Umumnya kebanyakan orang menganggap wushu itu sama dengan Kungfu.Arti Kungfu dan Wushu sendiri jelas berbeda jika Kungfu adalah seni beladiri yang berguna untuk kesehatan maupun pembelaan diri dan Wushu sendiri adalah cabang dari Kungfu.Jadi Kungfu itu bisa di bagi beberapa macam yaitu Taichi dan Wushu atau Bisa disebut Wushu Internal(tai chi) dan wushu Eksternal(Wushu)....

Kedua itu juga berbeda:

-  Taichi adalah ilmu seni beladiri yang berguna untuk kesehatan maupun pembelaan diri dan GERAKANnya halus lembut tapi mempunyai Power dan bertenaga kadang di sertai ledakan yang sangat bagus.

-  Wushu adalah seni beladiri yang berguna untuk kesehatan maupun pembelaan diri dan merupakan seni perkasa atau seni perang,pada wushu dapat membangun sifat kesatria.
 Nah intinya Saya kali ini mau bahas tentang WUSHU itu apa

Wushu adalah olahraga atau seni beladiri dari China yang lebih umum dikenal dengan sebutan kungfu. Pengertian Wushu bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti perang (Wu) dan seni (Shu). Jadi secara etimologis (bahasa) wushu bisa diartikan sebagai seni  berperang/bertempur. Dalam wushu kegiatan yang dilakukan adalah melatih kemampuan fisik yang meliputi koordinasi sempurna antara kelenturan, kekuatan, kelincahan, serta irama gerak.

Selain untuk olahraga dan membela diri, wushu juga merupakan suatu bentuk seni. Dengan demikian wushu menggabungkan teknik melindungi diri, memperkuat fisik, dan nilai hiburan serta seni. Karena keunikannya, wushu yang yang terbentuk dari kebudayaan Asia kuno telah mendapat perhatian dunia internasional. Di Indonesia sendiri wushu mulai dipopulerkan pada tahun 1993. Sejak itu pemerintah juga telah memberi perhatian khusus pada beladiri ini. Terbukti dengan diikutsertakannya wushu sebagai salah satu cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional. Indonesia juga mengikutsertakan atlet-atletnya dalam event-event internasional seperti SEA Games, Asian Games, dan Kejuaraan Dunia.

Terus kenapa sering orang bilang Wushu vs Kungfu?

Pertanyaan ini sering muncul dan sering sekali kita dengar, bahkan orang selalu mengaitkan Wushu adalah Kungfu. Sampai saat tampaknya masih ada kerancuan tentang istilah Wushu dan Kungfu. Wushu dan Kungfu adalah berbeda. Terus, apa itu Wushu? apa itu Kungfu? Untuk mengetahuinya kita harus mengetahui arti sebenarnya dari Wushu dan Kungfu itu sendiri.

Wushu bukanlah Kungfu dan Kungfu bukanlah Wushu.

Wushu adalah sebutan secara umum atau universal bagi semua jenis beladiri China, sedangkan Kungfu atau Konfu adalah hasil yang kita dapat dari latihan yang benar secara kontinue, keras, disiplin, dan dalam waktu yang panjang. Kungfu adalah salah satu istilah yang dipakai di dalam Wushu dan tujuan dari kita berlatih Wushu adalah untuk mencapai Kungfu yang tinggi. Karena itu di dalam istilah yang kita dengar sering terjadi orang berkata, “Mari kita mengadu Kungfu kita” artinya adalah mengadu keahlihan atau skill yang mereka dapatkan dari latihan, siapa yang lebih baik dan disiplin latihannya, siapa yang lebih benar latihannya dan siapa yang lebih keras latihannya Dalam pepatah Cina Kungfu atau konfu diibaratkan “Seperti mengasah sebatang tongkat besi menjadi sebuah jarum”.Untuk mencapai Kungfu yang baik haruslah melalui latihan yang keras, benar, sabar, jangka waktu yang panjang, disiplin, pantang menyerah, dsb.

Sebagai contoh saja, seorang koki yang telah berpengalaman memasak bertahun-tahun dan masakan yang dia masak diakui semua orang  sebagai masakan yang lezat dan enak, maka dia memasak dengan menggunakan kungfu, yaitu keahlihan memasak yang telah dia pelajari secara terus menerus, dengan kerja keras, disiplin, waktu yang lama, kesabaran yang tinggi, sehingga koki tersebut dapat menghasilkan masakan yang lezat. Hal ini dapat berlaku juga dalam banyak hal, seorang ahli pembuat keris misalnya, dia akan membuat keris menggunakan kungfu yang dia dapatkan dari latihan dia. Sama halnya dengan Wushu, seorang pendekar Wushu harup melalui tahap-tahap latihan yang keras, jangka waktu yang lama, disiplin yang tinggi, kesabaran, kerja keras sehingga dia bisa mendapatkan Kungfu yang tinggi.

Istilah Kungfu pertama kali populer karena dibawa oleh pedagang dan misionaris dari barat (eropa) yang pernah menetap di China, mereka kembali ke negara mereka dan menyebarkan istilah Kungfu. Kemudian istilah Kunfu lebih terkenal lagi setelah Bruce Lee (Lee Siao Lung) memperkenalkannya melalui film-filmnya. Kemudian sekarang kita banyak mendengar nama seperti Samo Hung, Jackie Chan, Jet Lee, dsb. Mereka adalah orang-orang yang telah memperkenalkan Wushu ke dunia internasional.  Jet Lee sendiri tercatat sebagaijuara wushu nasional china.

Saat ini telah disepakati bahwa penyebutan “Wushu” bukanlah Martial art, Kungfu, Kuntao, dan lain sebagainya. “Wushu is Wushu, without translate” (Wushu adalah wushu tanpa terjemahan) dan kesepakatan ini telah disetujui delegasi-delegasi dari berbagai negara, baik dari Asia, Eropa, Amerika dan sebagainya, mereka juga telah sepakat untuk mengganti istilah Kungfu. Kuntao, martial art kedalam satu istilah, yaitu“Wushu”.

Tapi tapi Wushu Juga mempunyai Beragam senjata dan jurus loh :
-  Nan Chuan 65 Jurus (Tangan Kosong) Tinju Selatan
-  Chang Quan-Tinju Utara
-  Jiang Shu (Tombak)
-  Guen Shu (Toya/Tongkat)
-  Dao Shu (Golok Tunggal)
-  Jien Shu (Pedang Tunggal)
-  Tai Chi Quan (Tai Chi)

Maka Dapat di Simpulkan bahwa Wushu merupakan olahraga beladiri yg paling menarik untuk dilihat sebagai pertunjukan ,berguna untuk beladiri,menjaga kesehatan dan untuk melatih mental dan disiplin,mengingat itu untuk berlatih Wushu di perlukan KEMAUAN dan USAHA yang keras untuk dapat mencapainya...

Sumber : mochhasanslamet.blogspot.co.id