Home » » CARA AGAR ANDA TIDAK MABUK LAUT

CARA AGAR ANDA TIDAK MABUK LAUT

Written By irawan mena on Kamis, 26 Mei 2016 | 05.10.00





Tips Agar Tidak Mabuk Laut - Hampir kebanyakan orang berpikir dua kali jika sedang ingin melakukan perjalanan jauh, bukan karena barang bawaan yang berat atau biaya yang mahal, tetapi hal biasa yaitu mabuk perjalanan. Apalagi jika perjalanan yang dilakukan melewati atau menyebrangi laut, hampir semua orang dapat mengalami mabuk laut.
Mabuk laut memang tidak membuat sebagian orang yang mengalami berdampak pada hal yang cukup parah tetapi bisa juga membuat kondisi tubuh kita menjadi lemas dan tenaga terasa terkuras. Selain itu, mabuk laut juga membuat sebagian orang yang sensitif dengan mabuk perjalanan merasa trauma, sehingga mereka yang sedang menjalani perjalanan di atas kapal merasa enggan untuk bangun dari tempat tidur.



Bagi yang belum mengetahui cara agar dapat terhindar dari mabuk perjalanan, terutama laut pasti mengalami kesulitan dalam mengatasinya. Sebenarnya, salah satu cara untuk dapat terhindar dari mabuk laut hanyalah dengan pindah posisi atau tempat ke bagian kapal yang hanya sedikit gerakan pada badan kapal dan biasanya terdapat pada bagian tengah atau belakang kapal tersebut.

Dan sebelum memastikan untuk melakukan cara agar dapat terhindar dari mabuk laut, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang dapat menyebabkan mabuk laut. Kami akan memberikan beberapa penyebab yang biasa orang alami ketika terjadi mabuk laut.

Penyebab mabuk laut, antara lain :

1.  Posisi kita saat berada di dalam kapal.
Seseorang yang berada di tengah-tengah akan lebih aman dan jarang terjadi mabuk laut, karena dalam posisi tersebut kapal dalam kondisi lebih stabil dan tidak banyak terjadi gerakan. Sebaliknya, jika seseorang berada di samping atau depan kapal akan lebih sering terjadi mabuk laut.

2.  Mabuk laut yang sebabkan oleh sugesti.
Sugesti ini dapat terjadi jika ada seseorang yang mengetahui ada orang disekitarnya yang mengalami mabuk laut, maka dengan seketika itu juga orang tersebut ikut mengalami mabuk laut dan biasanya juga terjadi pada saat berkendaraan jauh di darat. Hal ini dikarenakan oleh tipuan atau anggapan melalui bau dan suara yang dapat menjadikan diri orang tersebut juga ikut merasa mual.

3.  Saat perjalanan dalam kondisi kekenyangan dan kurang minum (dehidrasi).
Hal tersebut juga dapat menyebabkan mabuk laut, apalagi jika makanan yang dikonsumsi berupa makanan yang pedas, maka akan dimungkinkan mengalami mabuk laut. Karena perut yang terisi penuh akan mengalami rasa perih dan mual. Selain itu, kurangnya cairan dalam tubuh saat perjalanan laut juga dapat memicu terjadinya mabuk laut.

4.  Mabuk laut juga dapat terjadi pada orang yang sedang kelelahan.
Hal ini dapat terjadi apabila seseorang yang sedang dalam perjalanan laut kurang mendapatkan tidur yang cukup dan terlalu kelelahan. Selain itu, hal tersebut juga berakibat pada otak, karena otak kurang istirahat maka yang terjadi kepala akan terasa pusing dan dapat menyebabkan mual.



5.  Kurangnya udara segar yang mengenai tubuh juga dapat memicu mabuk laut.
Kurangnya angin atau udara yang masuk ke dalam kapal juga dapat menyebabkan tubuh kita merasa mual dan akhirnya terjadi mabuk laut, karena dalam ruangan yang kurang aliran udara dapat menjadikan tubuh terasa gerah dan panas.

6.  Dan penyebab yang paling utama adalah distorsi visual.
Hal ini dapat terjadi pada saat mata seseorang sedang melihat atau menatap suatu benda yang tidak bergerak atau statis di dalam kendaraan, namun indera pendengar yang ada pada bagian dalam merasakan gerakannya. Sehingga otak pun menjadi kacau karena perbedaan persepsi tersebut, rasa mual pun muncul dan bisa berakibat terjadi mabuk laut.
Dengan adanya beberapa penyebab tersebut, maka dapat disimpulkan cara mengatasi mabuk laut yang terjadi pada saat melakukan perjalanan laut yang mungkin bisa dibilang cukup jauh dan membutuhkan waktu yang relatif lama.

Berikut beberapa tips agar tidak mabuk laut.
1)  Untuk yang pertama kali tadi sudah disebutkan yaitu dengan memposisikan diri berada di tengah kapal atau belakang kapal.
2)  Untuk menghindari distorsi visual dengan tidak melihat benda-benda di sekitar yang bersifat statis di dalam kapal, misalnya menatap layar laptop, handphone maupun membaca buku atau tulisan dan benda-benda statis yang lainnya. Sebaiknya, melihat-lihat sekitar luar ruangan seperti ombak air atau benda di laut yang lainnya yang bergerak.
3)  Pada saat kekurangan udara segar, sebaiknya segera menuju ke dek kapal untuk mendapatkan udara segar, sehingga dapat mengurangi rasa mual yang akan terjadi.
4)  Jika merasa kurang istirahat, sebaiknya segera melakukan istirahat saat berada di dalam kapal dengan cara tidur untuk mengistirahatkan otak.
5)  Jika akan melakukan perjalanan laut sebaiknya tidak makan terlalu banyak (terlalu kenyang) maupun mengkonsumsi makanan yang sifatnya pedas. Dan dianjurkan minum cukup air untuk menghindari dehidrasi.
6)  Dan untuk menghilangkan sugesti atau anggapan-anggapan yang membuat tubuh merasa mual dapat dilakukan dengan menghindari lokasi sekitar orang yang sedang mengalami mabuk laut.

Untuk tips agar tidak mabuk laut yang lainnya selain penyebab di atas adalah sebagai berikut.

1)  Untuk yang sudah merasakan rasa mual dan agak pusing, sebaiknya segera menatap tempat-tempat yang jauh dari kapal, seperti pulau yang lokasinya jauh atau yang lainnya dan diselingi dengan menarik nafas yang dalam dan teratur.
2)  Sebelum berangkat dianjurkan agar menenangkan pikiran dari rasa takut jika berada di dalam kapal.
3)  Memilih tempat yang terdapat sirkulasi udaranya, tidak panas dan tidak terasa gerah atau pengap.
4)  Apabila ada pilihan untuk memilih kapal, maka pilihlah kapal yang lebih besar. Karena dengan kapal yang besar, gerakan-gerakan pada badan kapal yang disebabkan gelombang air laut dapat berkurang.
5)  Dan alangkah baiknya jika sebelum melakukan perjalanan laut perut jangan dibiarkan kosong dan jangan pula terlalu kekenyangan, makanlah makanan yang tidak terlalu pedas. Disarankan pula minum obat anti mabuk seperempat jam sebelum melakukan perjalanan laut.
6)  Untuk mencegah terjadinya mabuk laut, bisa dilakukan pula dengan minum seduhan jahe 12 jam sebelum melakukan perjalanan laut. Atau juga bisa dengan menambahkan bubuk jahe bersamaan dengan memakan makanan seperti roti atau yang lainnya.
7)  Untuk mengurangi rasa mual, bisa juga dilakukan dengan menghisap permen. Tentu saja bukan permen karet, karena permen karet dapat menimbulkan rasa mual jika rasa dari permen karet tersebut habis.

Dan untuk berjaga-jaga jika kondisi mabuk sudah tidak dapat ditahan lagi dengan mempersiapkan plastik untuk muntah dan juga usahakan untuk membuang muntahan disembarangan tempat.

Demikian beberapa tips agar tidak mabuk laut, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Dan juga bagi anda yang sedang melakukan perjalanan, semoga perjalanan anda lancar dan selamat sampai tujuan.


Sumber : gudainfo.blogspot.co.id